STUDY TENTANG PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) HAQIQI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Alvianti, Novita, Agus, Zainal Rachmat, Riskan, Riskan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17121/1/SKRIPSI.pdf%20novita.pdf http://repository.unib.ac.id/17121/ |
Daftar Isi:
- Latarbelakang penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada PAUD yang diasumsikan salah satu PAUD terbaik di Kota Bengkulu dengan latar belakang pendidikan tenaga pendidik yang bukan lulusan S1 PAUD.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran di PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian meliputi tenaga pendidik dan kepala sekolah PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk membuktikan keabsahaan data dilakukan pengecekan data menggunakan triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada PAUD Haqiqi cukup baik, yaitu pertama, tergambar dari evaluasi pembelajaran di PAUD Haqiqi dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung, pada saat akhir pembelajaran dan pada saat akhir semester. Kedua dari upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada PAUD Haqiqi dengan cara mengembangkan kemampuan professional pendidik yaitu dengan mengikuti pelatihan, workshop, melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah lain, dan magang. Ketiga dari metode evaluasi yang dilaksanakan di PAUD Haqiqi ada 5 lima metode yang terdiri dari metode observasi, metode wawancara, metode bercerita, metode tanya-jawab dan metode eksperimen. Kelima metode evaluasi yang digunakan di PAUD Haqiqi sudah terlaksana dengan baik pada saat pembelajaran, akhir pembelajaran, dan pada saat akhir semester dan tenaga pendidik juga melakukan evaluasi pembelajaran sesuai metode yang ditentukan. Keempat kendala yang ada pada saat pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah sering terjadi perubahan jadwal untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran diakhir semester karena tidak lengkapnya peserta didik atau kurangnya tenaga pendidik yang dibutuhkan pada saat pelaksaan evaluasi pembelajaran.Kelima solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala saat pelaksanaan evaluasi yaitu dengan membuat jadwal ulang untuk pelaksanaan evaluasi agar semua yang terlibat dalam pelaksanaan evaluasi bisa ikutserta.Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Pelaksanaan, Pendidikan Anak Usia Dini