TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA
Main Authors: | Yusniati, Melina, Suardi, Jasma, Sofino, Sofino |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17119/1/SKRIPSI%20MELINA%20LENGKAP.pdf http://repository.unib.ac.id/17119/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Tingkat Pemahaman Guru PAUD tentang Pengertian, Tujuan, Syarat-syarat, Fungsi, dan Fungsi Jenis Alat Permainan Edukatif di Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi berjumlah 52 orang dan sampel 52 orang. Sementara teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probality Sampling (Sampling Jenuh). Instrument penelitian yang digunakan adalah tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan alternatif jawaban yaitu a, b, c, dan d dengan banyak soal 50, untuk Penskoran dalam tes pilihan ini, apabila jawaban benar maka diberi skor 1 (satu) per butir soal, jika jawaban salah maka diberi skor 0 (nol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan rata-rata. Dari hasil penelitian, secara umum hasil penelitian tingkat pemahaman guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif di Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma, perhitungannya di peroleh rata-rata = 48% dengan keterangan Sedang (SD). Jadi, dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru Pendidikan Anak Usia Dini tentang Alat Permainan Edukatif di Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma dikatakan “Cukup Baik”. Dengan rincian Pertama, untuk pemahaman guru PAUD tentang pengertian alat permainan edukatif adalah 47% dengan keterangan Sedang (SD). Kedua untuk pemahaman guru PAUD tentang tujuan alat permainan edukatif adalah 50% dengan keterangan Sedang (SD). Ketiga untuk pemahaman guru PAUD tentang syarat-syarat alat permainan edukatif adalah 54% dengan keterangan Sedang (SD). Keempat untuk pemahaman guru PAUD tentang fungsi alat permainan edukatif adalah 59% dengan keterangan Sedang (SD). Kelima untuk pemahaman guru PAUD tentang fungsi jenis alat permainan edukatif adalah 41% dengan keterangan Sedang (SD). Kata Kunci :Tingkat Pemahaman, Guru PAUD, Alat Permainan Edukatif. xiii