PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 73 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Pratiwi, Yuni, Daimun, Hambali, Dwi, Anggraeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17104/1/PDF%20SKRIPSI%20YUNI%20PRATIWI%20%28A1G012101%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17104/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 73 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 73 Kota Bengkulu yang berjumlah 48 siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu dan menggunakan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar pada aspek kognitif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, uji prasyarat hipotesis dan analisis inferensial. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang dilakukan pada hasil belajar ranah kognitif diperoleh hasil thitung 5,16 > ttabel 1,7 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan penghitungan uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dengan demikian hipotesis terbukti dan diterima, bahwa terdapat pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 73 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pengaruh Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.