AKTUALISASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN DAN KARAKTER PENOKOHAN CERPEN “SERIAL ABU NAWAS” DI SURAT KABAR RAKYAT BENGKULU
Main Authors: | Irmayanti, Meiselina, Agus , Firmansyah, Dwi , Aji Budiman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1710/1/Meiselina_Irmayanti%2C-2.pdf http://repository.unib.ac.id/1710/ |
Daftar Isi:
- Keberadaan cerpen telah menjamur di media cetak. Berbagai cara dilakukan media cetak untuk me nampilkan cerpen terbaiknya. Sisi hiburan yang diutamakan media cetak ternyata menggeser fu ngsi positif cerpen. Surat kabar Rakyat Bengkulu hadir dengan menampilkan cerpen tanpa menggeser nila i positif. Melalui analisis teks, penelit ian kualitatif ini be rtujuan untuk me ngupas nilai- nilai pendidikan dan mendeskripsikan karakter penokohan cerpen “S erial Abu Nawas” di surat kabar Rakyat Bengkulu . Analisis teks dilakukan terhadap sepuluh judul cerpen “Serial Abu Nawas” edisi hari Minggu terbitan bulan JuliSeptember 2010 ya ng telah didokumentasikan. Hasil penelitian menyiratkan lima jenis nilai pendidikan, yak ni nilai pendidikan mo ral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan civiks, nilai pendidikan terestial dan nilai pendidikan kreat if. Selain it u, juga mendeskripsikan karakter penokohan meliput i mo ral, perkataan, keadaan fisik, keadaan jiwa dan penjelasan langsung. Cerpen “Serial Abu Nawas” dapat menjadi kontribusi baik bagi pembaca karena mampu menjadi sarana persuasif yang positif untuk selanjutnya diadopsi di dalam kehidupan pembaca. Denga n hasil demikian dapat disimpulkan bahwa cerpen “Serial Abu Nawas” baik untuk dikonsumsi semua kalangan termasuk anak - anak.