STUDI PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SD IT AL-HASANAH KOTA BENGKULU
Main Authors: | Meylani, Yeni, Johanes, Sapri, Osa, Juarsa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17099/1/yeni%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/17099/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi keberhasilan, hambatan dan dukungan dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa oleh guru dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian guru PKn dan kepala sekolah serta siswa SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verivikasi data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, perpanjangan waktu dan member check. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perencanaan dilakukan dengan analisis standar kompetensi, kebutuhan siswa dan kecukupan materi dibuku paket; 2) Pelaksanaan pemanfaatan internet dilakukan setelah analisis pada perencanaan pemanfaatan dengan berpandua pada bagan arus; 3) Pada evaluasi, guru menganalisis keberhasilan pemanfaatan internet ketika perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pemanfaatan internet; 4) Hambatan dan dukungan, ganguan jaringan menjadi penghambat dan dukungan dalam bentuk kebebasan dan himbauan agar memanfaatkan keberadaan wi-fi sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa guru sudah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran PKn, dalam evaluasi perlu dirancang instumen untuk mengukur keberhasilan pemanfaatannya agar bentuk pemanfaatan ini beguna bagi siswa. Kata Kunci : Pemanfaatan Internet, Sumber Belajar