PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR WRITE (TPW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VB MIN 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Putra, Winusa, Resnani, Resnani, Nani, Yuliantini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17097/1/Skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/17097/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis paragraf deskripsi di kelas VB MIN 1 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPW. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB MIN I Kota Bengkulu, yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, data observasi guru dan siswa dianalisis dengan skor total, rata-rata skor, dan kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan hasil aktivitas guru mencapai total skor 65, dengan rata-rata skor 32,5 yang termasuk dalam kategori “cukup”. Untuk aktivitas siswa diperoleh total skor 63,16, dengan rata-rata 31,58, yang termasuk dalam kategori “cukup”, dan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi mencapai 65, yang termasuk dalam kategori “cukup”, dengan ketuntasan belajar 16,67%. Hasil perolehan nilai pada siklus II menunjukkan rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 80, dengan rata-rata 40 yang termasuk dalam kategori “baik”. Untuk aktivitas siswa meningkat menjadi 72,73 untuk total skor, dengan rata-rata 36,36, yang termasuk dalam kategori “baik”, dan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi meningkat menjadi 76,80, yang termasuk dalam kategori “baik”, dengan ketuntasan belajar 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPW dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran guru dan siswa dalam menulis paragraf deskripsi; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPW dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VB MIN 1 Kota Bengkulu. Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPW, Kemampuan Menulis, Paragraf Deskripsi.