PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Budelvia, Wardah, Sri, Ken Kustianti, Wurjinem, Wurjinem |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf http://repository.unib.ac.id/17096/ |
ctrlnum |
17096 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/17096/</relation><title>PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU</title><creator>Budelvia, Wardah</creator><creator>Sri, Ken Kustianti</creator><creator>Wurjinem, Wurjinem</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental, serta desain yang digunakan the matching only pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 58 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varian pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa untuk t hitung pretest (2,23) , t hitung posttest (5,15) , thitung aspek afektif (1,80) , dan t hitung aspek kognitif (1,97) , sedangkan t tabel sebesar (1,67) yang berarti keseluruhan perhitungan aspek lebih besar dari ttabel. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Icebreaker, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf</identifier><identifier> Budelvia, Wardah and Sri, Ken Kustianti and Wurjinem, Wurjinem (2016) PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>17096</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
Budelvia, Wardah Sri, Ken Kustianti Wurjinem, Wurjinem |
title |
PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf http://repository.unib.ac.id/17096/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental, serta desain yang digunakan the matching only pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 58 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varian pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa untuk t hitung pretest (2,23) , t hitung posttest (5,15) , thitung aspek afektif (1,80) , dan t hitung aspek kognitif (1,97) , sedangkan t tabel sebesar (1,67) yang berarti keseluruhan perhitungan aspek lebih besar dari ttabel. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Icebreaker, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar. |
id |
IOS6175.17096 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:09:15Z |
last_indexed |
2019-05-09T05:36:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685973106584190976 |
score |
17.538404 |