PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU

Main Authors: Budelvia, Wardah, Sri, Ken Kustianti, Wurjinem, Wurjinem
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf
http://repository.unib.ac.id/17096/
ctrlnum 17096
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/17096/</relation><title>PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU</title><creator>Budelvia, Wardah</creator><creator>Sri, Ken Kustianti</creator><creator>Wurjinem, Wurjinem</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental, serta desain yang digunakan the matching only pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 58 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varian pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa untuk t hitung pretest (2,23) , t hitung posttest (5,15) , thitung aspek afektif (1,80) , dan t hitung aspek kognitif (1,97) , sedangkan t tabel sebesar (1,67) yang berarti keseluruhan perhitungan aspek lebih besar dari ttabel. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Icebreaker, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf</identifier><identifier> Budelvia, Wardah and Sri, Ken Kustianti and Wurjinem, Wurjinem (2016) PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>17096</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Budelvia, Wardah
Sri, Ken Kustianti
Wurjinem, Wurjinem
title PENGARUH PEMBERIAN ICEBREAKER PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 42 KOTA BENGKULU
publishDate 2016
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/17096/1/Skripsi%20Wardah%20B.pdf
http://repository.unib.ac.id/17096/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental, serta desain yang digunakan the matching only pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 58 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varian pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa untuk t hitung pretest (2,23) , t hitung posttest (5,15) , thitung aspek afektif (1,80) , dan t hitung aspek kognitif (1,97) , sedangkan t tabel sebesar (1,67) yang berarti keseluruhan perhitungan aspek lebih besar dari ttabel. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pemberian icebreaker pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 42 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Icebreaker, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.
id IOS6175.17096
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:09:15Z
last_indexed 2019-05-09T05:36:33Z
recordtype dc
_version_ 1685973106584190976
score 17.538404