PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 38 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Supardi, Viktorinus, Ansyori, Gunawan, Dwi, Anggraeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17094/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 38 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling yaitu sampel siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes (pretest dan postest). Analisis data mengunakan pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang sebelumnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh 4,57 > 2,00. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. 2). rata-rata skor tes hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media tiga dimensi adalah sebesar 71,5 lebih besar daripada rata-rata skor tes hasil belajar kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran adalah sebesar 53,22, dengan demikian dapat diartikan bahwa ada penggaruh penggunaan media pembelajaran tehadap hasil belajar siswa.Kata kunci : Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika