PENGARUH MODEL PjBL PEMBUATAN KOMPOS TERHADAP ASPEK SIKAP, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V DI SDN 11 KOTA BENGKULU

Main Authors: Wilisseri, Syam Apri, Endang, Widi Winarni, V. Karjiati, V. Karjiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17086/1/SKRIPSI%20SYAM%20APRI%20WILISSERI%20%28PGSD%20FKIP%20UNIB%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17086/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Model PjBL Pembuatan Kompos Terhadap aspek Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Kelas V SDN 11 dan SDN 09 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini penelitian kuantitaif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 berjumlah 108 siswa. Kelas ekperimen yaitu kelas VA SDN 11 Kota Bengkulu dan kelas kontrol yaitu Kelas VB SDN 09 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa observasi sikap, penilaian kinerja keterampilan, tes tertulis aspek pengetahuan berupa 3 soal uraian dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data penelitian berupa lembar observasi sikap, lembar penilaian kinerja keterampilan, tes tertulis aspek pengetahuan berupa 3 soal uraian dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat hipotesis dan analisis inferensial. Hasil penelitian dengan thitung = 4,76 untuk sikap, thitung = 3,14 untuk Pengetahuan, dan thitung = 3,83 untuk keterampilan lebih besar dari ttabel = 1,7 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antar model PjBL pembuatan kompos dengan hasil belajar siswa kelas VA SDN 11 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Model PjBL, Kompos dan Hasil Belajar (Aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan).