STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 71 KOTA BENGKULU

Main Authors: Gagu, Robertus Taufani, Syahril, Yusuf, Nani, Yuliantini
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17083/1/skripsi%20robertus.pdf
http://repository.unib.ac.id/17083/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik di kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA, IVB dan IVC SDN 71 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data dengan triangulasi, bahan referensi dan member check. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu pada tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu: 1) Kegiatan pendahuluan meliputi: (a) menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, (b) memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual, (c) memberikan apersepsi, (d) menjelaskan tujuan pembelajaran, (e) menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran. 2) Kegiatan inti meliputi: (a) mengamati (b) menanya, (c) mencoba (d) menalar, dan (e) mengomunikasikan. 3) Kegiatan penutup, meliputi: (a) membimbing siswa untuk menyimpulkasn hasil pemebelajaran, (b) mengevaluasi, (c) memberikan umpan balik, (d) kegiatan tindak lanjut dan (e) menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik di kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu bahwa guru masih kurang dan perlu ditingkatkan agar siswa dapat lebih aktif dalam belajar Kata Kunci: Deskriptif, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik