PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Lobo, Severus Marianus Ngilo, Rambat, Nur Sasongko, Sri, Ken Kustianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17077/1/SAVERUS%20SKRIPSI%20%20YES.pdf http://repository.unib.ac.id/17077/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni musik di sekolah dasar yang sudah menerapkan Kurikulum tahun 2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deksriptif Kulaitatif, peneliti mendeskripsikan keadaan yang terjadi di lapangan berdasarkan acuanacuan yang berlaku, berdasarkan alat dan teknik pengumulan data yang dibuat oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, Wawancara dan dokumentasi yang berlangsung selama penelitian pada pembelajaran seni musik pada SDN 11 Kota Bengkulu khusunya pada kelas VB. Pengumpulan data dalam penelitian ini kemudian disajikan setelah data tersebut dengan menggunakan beberapa teknik analisis data, yakni reduksi data, display data, verifikasi data. Selain itu peneliti juga menggunakan 3 cara dalam pengujian kredibilitas data, takni perpenjangan pengamatan, analisis data kasus negatif, member check, dan triangulasi. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni musik di SDN 11 Kota Bengkulu, pembelajaran seni musik tradisional dan pembelajaran seni musik modern yang berlangsung pada aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran pada SDN 11 Kota Bengkulu sudah berjalan sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku, yakni kurikulum 2013, hal itu dibuktikan dengan acuan peneliti yang mengacu pada berbagai acuan penyelenggaraan pembelajaran, khususnya pembelajaran seni musik.Kata Kunci : Pembelajaran Seni Musik, Musik Tradisional, Musik Modern