PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sefriani, Sefriani, Ansyori, Gunawan, Neza Agusdianita, Neza Agusdianita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17076/1/SKRIPSI%20SEFRIANI%20%28PGSD%20FKIP%20UNIB%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17076/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 7 Kota Bengkulu dengan sampel siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol, melalui pengambilan sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa soal tes isian hasil belajar Matematika siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis uji prasyarat dan analisis hipotesis. Analisis data hasil belajar matematika yaitu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas yang mengunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan nilai hitung t 8,12 ≥ tabel t 2,00 pada taraf signifikan 5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran RME terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV SDN 7 Kota Bengkulu.Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Model RME, Hasil Belajar