STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI KELAS IV SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Jelahut, Salfianus, Daimun, Hambali, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17074/1/SALFIANUS%20JELAHUT.pdf http://repository.unib.ac.id/17074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning di kelas IV SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) dalam tahap perencanaan, guru menyusun komponen perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP sebagaimana mestinya, dengan berpedoman pada komponen perencanaan pembelajaran yang ada pada buku sumber.Tetapi guru belum maksimal dalam melakukan pengkajian ulang terhadap tujuan pembelajarannya., 2) pada tahap pelaksanaan pembelajarannya guru sudah melakukan tahapan pembelajaran seperti melakukan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan materi, sertamenerapakan ketiga tahapan pembelajaran yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi pada kegiatan inti. Kemudian pada kegiatan penutup guru bersama-sama dengan peserta didik telah membuat rangkuman atau simpulan pelajaran. 3) guru mengevaluasi pembelajaran sudah runtut mulai dari penilaian kemampuan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hanya saja guru belum maksimal dalam mengevaluasi ketiga tahap penilaian tersebut. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning belum begitu maksimal dalam Pengelolaan Pembelajaran. Kata kunci: Deskriptif, Pengelolaan Pembelajaran, Pendekatan Kooperatif Learning