PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sirait, Saida, Daimun, Hambali, Nani, Yuliantini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17073/1/SKRIPSI%20SAIDA.pdf http://repository.unib.ac.id/17073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu dan menggunakan The Matching Only PretestPosttest Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang dilakukan pada hasil pembelajaran menulis puisi diperoleh hasil thitung 4,32 > ttabel 1,7 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan penghitungan uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Audio Visual terhadap hasil pembelajaran menulis puisi. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penggunaan media Audio Visual berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Pembelajaran Menulis Puisi.