HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS XII KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sabar, Satriawan, Ansyori, Gunawan, V. Karjiati, V. Karjiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17072/1/SABAR%20SATRIAWAN%20A1G012088.pdf http://repository.unib.ac.id/17072/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V di SD Negeri Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus XII Kota Bengkulu yang berjumlah 300 orang siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan melalui teknik Probability Sampling (memberi peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel) dengan cara Simple Random Sampling (sampel diambil secara acak melalui undian), yaitu 25% siswa kelas V SD Negeri Gugus XII Kota Bengkulu yang berjumlah 75 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan peehitungan statistik korelasi “Product Moment” dan uji “Regresi Sederhana”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan rhitung 0,905 ≥ rtabel yaitu 0,227 dengan taraf signifikan 5% dan fhitung 326,57 ≥ ftabel 1,62. Dengan demikian, hipotesis terbukti dan diterima. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V di SD Negeri Gugus XII Kota Bengkulu. Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa, Kecerdasan Emosional.