PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 07 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Afrina, Rita, Dalifa, Dalifa, Feri, Noperman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17068/1/RITA%20AFRINA%20%28A1G012080%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17068/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tentang pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 07 Kota Bengkulu. Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 07 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlagsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t hitung sebesar 9,81 dan nilai t tabel 2,00. Jadi dengan t hitung (9,81) > t tabel (2,00). Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 07 Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Pembelajaran, Audiovisual, Hasil Belajar IPA