STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM SEKOLAH INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ALAM MAHIRA BENGKULU
Main Authors: | Porbowati, Riska, Herman, Lusa, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17066/1/SKRIPSI%20RISKA%20PORBOWATI.pdf http://repository.unib.ac.id/17066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan kelas pada proses pembelajaran outdoor dalam sekolah inklusi di Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas IA, IB, dan VIA Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mampu mengelola kelas pada proses pembelajaran outdoor dalam sekolah inklusi yang terdapat siswa normal dan siswa dengan kebutuhan khusus yaitu dengan: menyetting pembelajaran outdoor, melakukan keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dengan menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian (visual dan verbal), pemusatan kelompok, dan melakukan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal dengan memodifikasi tingkah laku, pendekatan pemecahan masalah kelompok, serta menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas IA, IB, dan VIA di Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu dalam kegiatan pembelajaran outdoor dalam sekolah inklusi mampu mengelola kelas yang di dalamnya terdapat siswa normal dan siswa dengan kebutuhan khusus sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Pembelajaran Outdoor, Sekolah Inklusi