UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI RASA HORMAT SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMA EKOSISTEM (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI KELAS V.B SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU)

Main Authors: Putri, Nuraini Fathonah, Osa, Juarsa, Puspa, Djuwita
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17051/1/NURAINI%20FATHONAH%20PUTRI-PGSD%20FKIP%20UNIB.pdf
http://repository.unib.ac.id/17051/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menanamkan nilai rasa hormat siswa melalui pembelajaran tema ekosistem di kelas V.B SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan wali kelas V.B SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian sudah berupaya untuk menanamkan nilai rasa hormat dalam pembelajaran tema ekosistem, seperti dikaitkannya materi tentang ekosistem dengan nilai rasa hormat, mencontohkan untuk saling menghormati pendapat, menghormati siswa yang sedang berbicara, menumbuhkan dan memotivasi siswa untuk selalu berbicara dan bersikap hormat, ramah serta santun, dan memberikan pembiasaan seperti memberikan pujian jika siswa sudah menghormati atau bersikap sopan agar siswa termotivasi untuk membiasakannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sudah tampak adanya upaya dari wali kelas V.B untuk menanamkan nilai rasa hormat siswa melalui pembelajaran tema ekosistem di kelas V.B SD Negeri 09 Kota Bengkulu.Kata kunci: Nilai, Rasa Hormat, Tema, Upaya Guru