STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN BERTANYA GURU PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 86 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Azizah, Nur, Osa, Juarsa, Herman, Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17049/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/17049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya guru pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 86 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V SDN 86 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini menggunakan indikator keterampilan bertanya yang terdiri tujuan guru mengajukan pertanyaan, keterampilan bertanya dasar, dan keterampilan bertanya lanjut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara, dengan uji kredibilatas data melalui perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telahmenerapkan tujuan mengajukan pertanyaan yaitu untuk membangkitkan minat dan rasa ingin tahu, membangkitkan motivasi dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, memusatkan perhatian siswa terhadap pokok bahasan, mengaktifkan dan memproduktifkan siswa dalam pembelajaran, mengevaluasi dan mengukur hasil belajar siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penerapan keterampilan bertanya dasar telah dilakukan oleh guru dengan mengungkapkan pertanyaan menggunakan bahasa yang jelas dan singkat, memberi acuan, memusatkan perhatian kearah jawaban yang diminta, memberi giliran dan menyebarkan pertanyaan, memberi kesempatan berpikir, dan memberi tuntunan. Penerapan keterampilan bertanya lanjut telah dilakukan oleh guru dengan melihat pengubahan tuntunan tingkat kognitif, mengatur urutan pertanyaan, memberi pertanyaan pelacak dan mendorong terjadinya interaksi.Kata Kunci : Keterampilan Bertanya, Pembelajaran PKn