STUDI DESKRIPTIF INTERAKSI SOSIAL ANAK YANG MENGALAMI ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA SDN 82 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ariska, Nova, Wurjinem, Wurjinem, Sri, Dadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17048/1/SKRIPSI%20NOVA%20ARISKA%20%28A1G012005%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17048/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan interaksi sosial anak yang mengalami ADHD di lingkungan sekolah pada siswa SDN 82 Kota Bengkulu. Pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik porpusive sampling dengan menggunakan 6 orang subyek, yaitu 3 orang anak ADHD di kelas III.D dan 3 orang anak ADHD di kelas V.A. Data diperoleh dari pedoman pengamatan/observasi sebagai data primer dan pedoman wawancara sebagai data sekunder. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: interaksi anak ADHD pada saat bekerja sama dalam belajar tidak mau membantu temannya dan tidak memberikan bantuan saat berdiskusi kelompok, baik bantuan pemikiran maupun tenaga. Anak ADHD berbaur dengan teman sekelasnya tanpa memandang ras, agama, suku, dan budaya. Anak ADHD tidak menunjukkan persaingan kearah yang positif, anak ADHD juga memiliki perasaan tidak suka dan benci kepada orang-orang tertentu di lingkungan sekolah. Bentuk pertikaian anak ADHD pada saat belajar menyontek dan pada saat bermain suka curang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cara anak ADHD berinteraksi dengan guru dan temannya di lingkungan sekolah yaitu bertindak sesuka hati, suka mengganggu dan acuh tak acuh.Kata Kunci: interaksi sosial, ADHD, hiperaktif.