ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA DAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN DALAM KARANGAN SISWA KELAS VB SDN 45 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hartanti, Ningrum, Daimun, Hambali, Ansyori, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17045/1/SKRIPSI%20NINGRUM%20HARTANTI%20PGSD%20%281%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17045/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan dalam karangan siswa kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa masih banyak terdapat kesalahan penggunaan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan dalam karangan siswa kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu. Kesalahan penggunaan tanda baca titik dan koma serta penggunaan huruf kapital merupakan kesalahan yang paling dominan terjadi, sedangkan penggunaan tanda hubung dan imbuhan hanya sedikit terjadi kesalahan. Adapun dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Siswa-siswa kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu belum menguasai penggunaan tanda baca titik dan koma, serta penggunaan huruf kapital. Siswa telah cukup menguasai penggunaan tanda baca seru, tanya, dan hubung serta penggunaan imbuhan.Kata Kunci: tanda baca, ejaan yang disempurnakan, karangan.