STUDI DESKRIPTIF POLA PROSES PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN STANDAR PROSES DI KELAS IIIA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Muliana, Muliana, Sri, Ken Kustianti, Ansyori, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17041/1/skripsi%20muliana.pdf http://repository.unib.ac.id/17041/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola proses pembelajaran efektif berdasarkan standar proses yang diterapkan di kelas IIIA SDN 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan bersifat naturalistik. subjek penelitian adalah guru. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menguji keabsahan data: perpanjangan pengamatan, triangulasi.Pola proses pembelajaran efektif berdasarkan standar proses terlihat pada guru dalam mendesain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian yaitu guru dalam mendesain pembelajaran telah menyusun silabus dan RPP, pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru mengimplementasikan kegiatan-kegiatan scientficserta menerapkan model discovery learning, pada tahap penilaian pembelajaran guru menggunakan lembar obeservasi dalam bentuk rublik, untuk menilai aspek sikap religius dan sosial, untuk mengukur pengetahuan siswa guru dengan meminta siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada pada buku siswa dan buku pendaping yaitu Bupena. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pola proses pembelajaran efektif di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Bengkulu terlihatdari tahap-tahap berikut yaitu, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.Kata kunci: Proses Pembelajaran, Efektif, dan Standar Proses