PENGEMBANGAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN (MMP) PADA SISWA KELAS II A SDN 05 KOTA BENGKULU

Main Authors: Asip, Muhammad, Abdul, Muktadir, Nani, Yuliantini
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17039/1/Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/17039/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan media kartu kata dalam pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas II A SDN 05 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media kartu kata dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau research and development (R&D) yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II A SDN 05 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data dengan mengidentifikasi, memahami dan menyimpulkan data-data yang berkaitan dengan media kartu kata bergambar. Prosedur penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan model dan pengujian model. Hasil penelitian sesuai dengan prosedur penelitian. Tahap pertama studi pendahuluan, bahwa media kartu harus bergambar dan mempunyai warna cerah. Tahap kedua pengembangan model yakni validasi pakar/ahli dengan persentase 90% kategori sangat layak dan validasi guru dengan persentase 97,5% kategori sangat layak. Tahap ketiga pengujian model melalui pre-test bernilai rata-rata 74,4 dan post-test bernilai ratarata 80,7 dengan ketuntasan klasikal belajar 75. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media kartu kata bergambar layak digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan.Kata kunci: Pengembangan, Membaca dan Menulis, Kartu Kata Bergambar.