HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL SISWA DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS 12 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sefrianti, Meli, Rohiat, Rohiat, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17035/1/Skripsi%20Meli-A1G012064%20%282%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17035/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor internal siswa dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas V di SD Gugus 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 335 orang siswa. Sampel berjumlah 77 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel proposional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun tahapan dari teknik analisis data yakni: (1) mengumpulkan data hasil pengisian angket, (2) mentabulasi data, (2) melakukan uji prasyarat data (uji normalitas dan homogenitas), (3) melakukan pengujian hipotesis, (4) uji signifikansi, serta (5) menentukan besar kontribusi variabel X (faktor internal siswa) terhadap variabel Y (konsentrasi belajar). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rhitung=0,47>rtabel=0,227 yang artinya terdapat hubungan yang berarti antara faktor internal siswa terhadap konsentrasi belajar dengan interpretasi cukup. Selanjutnya, dari hasil uji signifikansi diperoleh thitung=4,62>ttabel=1,671 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antar variabel yang berlaku untuk seluruh populasi, dengan kontribusi sebesar 22, 09% antara faktor internal siswa terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V di SD Gugus 12 Kota Bengkulu. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, di mana terdapat hubungan antara faktor internal siswa dengan konsentrasi belajar siswa kelas V di SD Gugus 12 Kota Bengkulu. Kata kunci: Faktor Internal Siswa, Konsentrasi Belajar.