HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN GUGUS 6 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Mesu, Maria Benigne, Osa, Juarsa, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17033/1/SKRIPSI%20MARIA%20BENIGNE%20MESU%20_A1G012138_.pdf http://repository.unib.ac.id/17033/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN Gugus 6 Kota Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Gugus 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga minggu terdiri dari uji coba instrumen penelitian yang di luar sampel untuk melihat angket tersebut valid dan reliabel, dan membagi lagi angket disiplin belajar yang sudah diuji. Instrumen yang digunakan adalah angket. Adapun hasil yang diperoleh dalam hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa yaitu Hasil yang diperoleh r hitung > r tabel dengan hasil perhitungan r sebesar 0,940> r tabel 0,339. Adapun hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa dari masing-masing aspek yaitu aspek ketaatan terhadap tata tertib sekolah diperoleh r hitung 0,850 > r tabel 0,339, aspek ketaatan terhadap kegiatan belajar di sekolah diperoleh r hitung 0,919 > r tabel 0,329, aspek ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran diperoleh r hitung 0,925 > r tabel 0,339, aspek ketaatan belajar di rumah diperoleh r hitung 0,917 > r tabel 0,339. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V Gugus 6 SDN 53, 22, dan 12 Kota Bengkulu. Kata kunci : Hubungan disiplin belajar, hasil belajar, PKn