STUDI DESKRIPTIFKETERAMPILAN GURU DALAM MENUTUP PELAJARAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 22 KOTA BENGKULU

Main Authors: Nalenan, Marga. A.W., Hasnawati, Hasnawati, Abdul, Muktadir
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17032/1/SKRIPSI%20MARGA.pdf
http://repository.unib.ac.id/17032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru Menutup pelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SDN 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini mengunakan indikator keterampilan Menutup pelajaran yang terdiri meninjau kembali: merangkum inti pembelajaran dan membuat ringakasan. Mengevaluasi meliputi: mendemontrasikan keterampilan di depan kelas,mengaplikasikan ide baru pada situasi lain, meminta pendapat siswa mengenai pelajaran, dan memberikan soal-soal. Tindak lanjut yaitu pemantapan pada diri siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara, dengan uji kredibilatas data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV telah Menerapkan keterampilan Menutup pelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 22 Kota Bengkulu tetapi belum optimal. Kata kunci: Keterampilan Menutup Pelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia