STUDI DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV A SDN 02 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Buan, Lora Ine, Abdul, Muktadir, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17031/1/SKRIPSI%20LORA%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/17031/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan keterampilan menjelaskan pembelajaran di kelas IV A SDN 02 Kota Bengkulu. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dan bersifat naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dalam merencanakan penjelasan ada tiga aspek yang diteliti pertama, menentukan materi yang akan dijelaskan. Guru kelas IV A telah menentukan materi yang akan dijelaskan, kedua menyusun garis besar materi secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami siswa, ketiga menyiapkan alat peraga untuk memberikan contoh (ilustrasi) yang sesuai dengan garis besar materi yang akan dijelaskan tetapi pada saat pelaksanaan guru tidak menggunakan alat peraga. Dalam menyajikan penjelasan ada empat aspek yang diteli yaitu, kejelasan, penggunaaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan, balikan. Guru kelas IV A telah menyajikan penjelasan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru kelas IV A telah mampu menerapkan keterampilan menjelaskan dalam proses pembelajaran. namun dalam pelaksanaannya guru belum melaksanakannya secara maksimal dan ada beberapa aspek yang belum diterapkan yaitu dalam merencanakan penjelasan ada aspek menetapkan hubungan sebab akibat antara unsur-unsur yang berkaitan, menelaah hukum, rumus, prinsip dan generalisasi yang mungkin dapat digunakan dalam menjelaskan masalah yang ditentukan. Dalam menyajikan penjelasan ada aspek penggunaan contoh dan ilustrasi pada poin penggunaan alat peraga saat memberikan contoh dan ilustrasi guru belum menerapkan secara optimal. Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan, Proses Pembelajaran