DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF BERMAIN PLAYSTATION TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA DI KELAS V SDN 06 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Lenni Nova, Johanes, Sapri, Sri, Dadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17029/1/SKRIPSI%20LENNI%20NOVASARI%20%28A1G012011%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17029/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif dan negatif bermain playstation terhadap disiplin belajar pada siswa di kelas V SDN 06 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa di kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bermain playstation memiliki dampak positif dan negatif terhadap disiplin belajar siswa di SDN 06 Kota Bengkulu. Dampak positif yaitu: 1) Bermain playstation dengan batasan waktu dapat menghilangkan rasa bosan yang membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar, 2) Bermain playstation dapat membuat siswa lebih aktif berpikir sehingga siswa menjadi bersemangat mengerjakan tugasnya sendiri, 3) Bermain playstation dapat meningkatkan daya imajinasi siswa dalam belajar sehingga siswa lebih cepat merespon sesuatu. Dampak negatif yaitu : 1) Bermain playstation tanpa batasan waktu dapat menggangu waktu belajar siswa, 2) Siswa yang sudah kecanduan dalam bermain playstation menjadi malas mengerjakan tugas, 3) Motivasi belajar siswa menurun akibat bermain playstation sehingga berdampak terhadap prestasi belajar siswa.