STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hayati, Leni Susila, V. Karjiati, V. Karjiati, Resnani, Resnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17028/1/SKRIPSI%20LENI%20SUSILA%20HAYATI%20%28PGSD%20JIP%20FKIP%20UNIB%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17028/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 42 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN 42 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Pada perencanaan pembelajaran, terdapat komponen RPP yang sudah lengkap, yaitu perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan pengolahan kelas. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran, kegiatan pendahuluan ditunjukkan dengan menata tempat duduk dengan satu arah ke depan menghadap ke papan tulis, mengecek kehadiran siswa, dan memberikan motivasi. Kegiatan inti ditunjukkan dengan pembelajaran klasikal, dan interaksi kelas dengan menggunakan metode yang berbeda yaitu diskusi kelas, diskusi kelompok dan penugasan. Kegiatan penutup guru tidak rutin pada setiap pembelajaran mengadakan penarikan kesimpulan, evaluasi dan tindak lanjut. (3) Pada evaluasi pembelajaran, evaluasi kognitif dalam bentuk latihan-latihan, evaluasi afektif dan psikomotor diakumulasikan selama satu bulan bersama diadakannya ulangan bulanan kognitif. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 42 Kota Bengkulu belum terlaksana semuanya sesuai dengan standar yang ada.Kata Kunci : Deskriptif, Pembelajaran, Matematika, Sekolah Dasar