STUDI DESKRIPTIF KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJAARAN BERBASIS PAIKEM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 06 KOTA BENGKULU

Main Authors: Andriani, Julia, Dwi, Anggraeni, Neza Agusdianita, Neza Agusdianita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17024/1/SKRIPSI%20JULIA%20ANDRIANI%20%28A1G012008%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17024/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis PAIKEMpada mata pelajaran IPSdi kelas IV SDN 06 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru wali kelas sebagai informan tambahan.Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi tentang keterlibatan siswa saat proses pembelajaran dan wawancara dari guru yang sudah tercatat, data tersebut dianalisis melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan keterlibatan siswa yang ditandai dengan (1) siswa aktif dan asyik berbuat atau bekerja dalam setiap kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan antusias mengikuti proses pembelajaran saat kegiatan individu atau kelompok, bertanya saat belum memahami materi, bersedia membantu teman dalam kegiatan kelompok, dan mencari sumber lain untuk menambah wawasan mareka (2) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas untuk mengemukakan sesuatu yang ditandai keberanian siswa saat presentasi dan mengomentari hasil kerja kelompok lain (3) dalam setiap kerja kelompok ada kejelasan peran masing-masing siswa dan terlaksana secara bergilir yang terlihat saat siswa bersama kelompoknya saling memberi dan menerima pengaruh di dalam kelompok. Keterlibatan siswa sudah terlihat saat proses pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran berbasis PAIKEM.Kata Kunci: Studi Deskriptif, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran IPS dan PAIKEM