KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PADA PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Di Kelas IA SD Negeri 103 Kota Bengkulu)

Main Authors: Putri, Indah Arifin, Ansyori, Gunawan, Abdul, Muktadir
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17019/1/SKRIFSI%20%20INDAH%20ARIFIN%20PUTRI.pdf
http://repository.unib.ac.id/17019/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru pada pembelajaran di kelas IA SD Negeri 103 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru sudah melaksanakan beberapa komponen yang terdapat dalam indikator kompetensi kepribadian guru. Adapun komponen-komponen yang telah terlakasana pada indikator kompetensi kepribadian yaitu, guru menggali pengetahuan awal siswa, guru mengucapkan salam, guru berlaku adil terhadap seluruh siswa, guru menghargai siswa, guru menampilkan pribadi yang jujur dan sopan, menunjukkan perilaku yang patut diteladani, menampilkan pribadi yang dewasa dalam menerima masukan, dan guru memiliki etos kerja, tanggng jawab dan percaya diri. Sedangkan komponen-komponen yang belum terlaksana oleh guru di kelas yaitu, guru membimbing dan mengarahkan siswa saat pembelajaran, guru bersikap dewasa dalam bertindak dan memecah persoalan, dan kemampuan guru menjaga kestabilan emosi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru di kelas IA telah melaksanakan beberapa komponen yang terdapat dalam indikator kompetensi kepribadian guru. Kata kunci: Deskriptif, kompetensi, kepribadian