STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ramahdani, Heru, Syahril, Yusuf, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17017/1/Skripsi%20Heru%20Ramahdani%2C%20pdf.pdf
http://repository.unib.ac.id/17017/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil enelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan penanaman karakter cinta tanah air pada siswa, peran guru yang menjadi peranan pentiing yaitu (1) Guru sebagai keteladanan. Keteladanan yang dilakukan guru untuk menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa adalah dengan selalu datang tepat waktu, membantu siswa yang bertugas sebagai petugas upacara untuk mempersiapkan atribut pelaksanaan upacara bendera, mengikuti kegiatan upacara maupun hari-hari besar nasional dengan serius. (2) Guru sebagai inspirator. Inspirasi yang dilakukan oleh guru dalam rangka menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa yaitu dengan cara bercerita tentang prestasi yang pernah diraihnya, bercerita tentang jasa para pahlawan dan pengorbanan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan. (3) Guru sebagai motivator. Motivasi yang diberikan oleh guru untuk menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa yaitu dengan cara mengajak siswa bernyanyi lagu wajib nasional sebelum belajar, kemudian dengan cara menceritakan tentang kepahlawanan kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dismpulkan bahwa peran guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa kelas V teah terlaksana, namun guru masih perlu meningkatkan kreatifitas untuk menemukan cara yang baru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada diri siswa dan untuk guru diharapkan untuk lebih mematuhi peraturan yang ada di tata tertib sekolah. Kata Kunci: Studi Deskriptif, Peran guru, Karakter Cinta Tanah Air.