STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI PENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 17 KOTA BENGKULU

Main Authors: Handriadi, Handriadi, Sri, Dadi, Daimun, Hambali
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17016/1/SKRIPSI%20HANDRIADI%20%28A1G012024%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17016/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru sebagai pengelola kelas pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA dan IVB SDN 17 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan guru dalam mengelola kelas adalah (a) keterampilan yangb berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, meliputi: menunjukan sikap tanggap, membagi perhatian baik secara visual maupun verbal, memusatkan perhatian kelompok, member petunjuk yang jelas, menegur secara bijaksana, memberikan penguatan jika perlu, (b) keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal, meliputi: memodifikasi perilaku, pengelolaan/proses kelompok, menemukan dan memecahkan perilaku yang menimbulkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan guru sebagai pengelola kelas pada pembelajaran IPS telah dilakukan dengan optimal, tetapi dalam keterampilan guru sebagai pengelola kelas yang meliputi membagi perhatian baik secara visual maupun verbal, memusatkan perhatian kelompok, memberikan penguatan, dan pengelolaan/proses kelompok harus ditingkatkan kembali supaya dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan lebih optimal. Kata kunci: Deskriptif, Peran Guru, Mengelola Kelas, Pembelajaran IPS