STUDI DESKRIPTIF HASIL KARYA KOLASE ANORGANIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V B SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Bastari, Ginan, Hasnawati, Hasnawati, Pebrian, Tarmizi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17014/1/skripsi%20ginan%20bastari.pdf http://repository.unib.ac.id/17014/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya kolase anorganik pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kelas VB SD Negeri 20 Kota Bengkulu. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian adalah Siswa kelas VB SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data ynag dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan menelaah hasil reduksi, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) proses pembuatan karya kolase anorganik terdiri dari beberapa langkah, yang diawali dengan diskusi menentukan tema, pemilihan warna,membuat pola, pengguntingan dan mengelem bagian-bagian sehingga menjadi karya yang seutuhnya. (2) bentuk hasil karya kolase anorganik siswa menunjukan karya yang dihasilkan mengandung unsurunsur seni rupa dan prinsip-prinsip seni rupa, siswa mengalami perkembangan dalam pembuatan karya karena karya yang dihasilkan bervariatif dan kreatif. Dengan melakukan pembuatan karya kolase anorganik dapat disimpulkan bahwa siswa dapat berkreatiitas dengan ide-ide dalm pemikiran yang mereka miliki dan memberikan pengalaman bagi siswa dalam membuat keterampilan khususnya membuat kolase anorganik. Kata kunci: Karya Kolase Anorganik, Pembelajaran SBdP.