PENGARUH PEMANFAATAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 04 KOTA BENGKULU

Main Authors: Febricha .T, Feby Yabes, Wurjinem, Wurjinem, Ansyori, Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17012/1/SKRIPSI%20FEBY%20YABES%20FEBRICHA_%20T%20%28PGSD%20FKIP%20UNIB%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17012/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan museum sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signfikan 5% diperoleh hasil t hitung 4,438 > t tabel 1,07. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan museum sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 04 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Museum, Hasil belajar.