STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DI KELAS III B SD N 09 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ihwana, Ety, Osa, Juarsa, Neza Agusdianita, Neza Agusdianita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17009/1/SKRIPSI%20ETY%20IHWANA%20%28A1G012038%29.pdf http://repository.unib.ac.id/17009/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap spiritual yang berhubungan dengan desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi sikap spiritual pada siswa kelas III B SD N 09 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi teknik, dan member check. Dalam penelitian ini disimpulkan yaitu 1) Desain/perencanaan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru menggunakan silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran sudah terlihat pengelolaan sikap spiritual. Kegiatan pendahuluan melalui kegiatan membaca doa. Kegiatan inti melalui pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru yakni dengan mengaitkan materi-materi yang sesuai dengan pengelolaan sikap spiritual, dan kegiatan penutup berupa berdoa setelah selesai pembelajaran. 3) Evaluasi pengelolaan sikap spiritual yang dilaksanakan guru dengan cara melakukan pengamatan pada sikap spiritual siswa sehari-hari dari awal pembelajaran hingga selesai. Evaluasi yang guru laksanakan menggunakan teknik observasi tanpa catatan khusus. Kata-kata kunci: Pengelolaan, pembelajaran tematik, sikap spiritual