STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENANGANI PERBEDAAN INDIVIDUAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Novitasari, Enny, Puspa, Djuwita, Wurjinem, Wurjinem
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17003/1/SKRIPSI%20enny.pdf
http://repository.unib.ac.id/17003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menangani perbedaan individual siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan kelas V C. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengelola kelas menangani perbedaan individual siswa kelas V C adalah dapat menciptakan kondisi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kondusif dan optimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengelola kelas menangani perbedaan individual siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V C SD Negeri 52 Kota Bengkulu sebagai berikut: a) menunjukkan sikap tanggap; b) membagi perhatian secara visual dan verbal; c) memusatkan perhatian kelompok dengan cara menyiapkan peserta didik dalam pembelajaran; d) memberi petunjuk yang jelas; e) memberi teguran yang bijaksana; f) memberikan penguatan ketika diperlukan; g) modifikasi perilaku; h) melakukan pengelolaan kelompok; i) menemukan dan mengatasi perilaku yang menimbulkan masalah.Kata kunci: Perbedaan Individual, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.