STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KOTA BENGKULU

Main Authors: Putri H, Dela Novika, Puspa, Djuwita, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16993/1/SKRIPSI%20DELLA%20NOVIKA%20PUTRI%20%28PGSD%20FKIP%20UNIB%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/16993/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana seorang guru memerankan dirinya sebagai teladan dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Kota Bengkulu yang telah memerankan dirinya sebagai teladan dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian telah memerankan dirinya sebagai teladan dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab siswa seperti, guru memberikan contoh perilaku dalam menyelesaikan tugas tepat waktu, guru memberikan contoh perilaku untuk menepati janji, guru memberikan contoh dalam mengerjakan tugas sampai selesai,guru memberikan contoh perilaku berani menanggung resiko, dan guru memberikan contoh perilaku tidak melemparkan kesalahan kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas IV B di SDN 42 Kota Bengkulu dalam kegiatan tersebut telah memerankan dirinya sebagai teladan dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab siswa dengan cara mencontohkan perilaku tanggung jawab kepada siswa agar siswa dapat melihat dan mencontohkan perilaku tanggung jawab, sehingga guru menjadi teladan bagi siswa. Kata Kunci: Guru, Perilaku, Tanggung Jawab, Siswa