STUDI DESKRIPTIF PEMODELAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Tryandepi, Deka, Puspa, Djuwita, Syahril, Syahril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16992/1/skripsi%20dekatryandepi.pdf http://repository.unib.ac.id/16992/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana seorang guru memerankan dirinya sebagai model dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa di SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas Ib, IVb, Vb, dan VIc di SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas Ib, IVb, Vb, dan VIc mampu memerankan dirinya sebagai model dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa dalam kegiatan pembinaan kesiswaan yaitu; pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa terdiri dari kegiatan tafakur qur’an, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan mengumpulkan infaq mingguan. Penegak Disiplin dan Tata Tertib Sekolah terdiri dari kegiatan piket lingkungan, berbaris ketika masuk ke kelas, datang tepat waktu dan membuang sampah pada tempatnya. Upacara Bendera terdiri dari berpakaian seragam lengkap dan rapi dan berbaris tertib di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas Ib, IVb, Vb, dan VIc di SD Negeri 60 Kota Bengkulu dalam kegiatan pembinaan kesiswaan mampu memerankan dirinya sebagai model dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa dengan cara mencontohkan perilaku disiplin kepada siswa agar siswa dapat melihat dan mencontohkan perilaku disiplin guru sehingga perilaku guru sehari-hari menjadi teladan bagi siswa.Kata Kunci: Pemodelan Guru, Perilaku Disiplin Siswa