KETERAMPILAN GURU BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Di Sekolah Dasar Negeri 86 Kota Bengkulu)

Main Authors: Rahmawati, Cut, Bambang, Sahono, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16990/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan keterampilan Guru Bertanya Dalam Proses Pembelajaran. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dan bersifat naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas II yang bernama DA dan guru kelas IV yang bernama YH. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu guru memiliki beberapa tujuan ketika mengajukan pertanyaan, guru juga mengajukan beberapa jenis pertanyaan,dalam mengajukan pertanyaan guru tersebut juga memiliki beberapa prinsip, guru juga mengajukan pertanyaan dasar dengan cara menerapkan komponen keterampilan bertanya dasar, dan guru juga mengajukan pertanyaan lanjut dengan cara menerapkan komponen keterampilan bertanya lanjut. Kata Kunci: Keterampilan Guru Bertanya, Proses Pembelajaran