STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN SISWA BERMAIN MUSIK ANSAMBEL TIUP DI SD N 03 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Atmaja, Candra Tri, Hasnawati, Hasnawati, Pebrian, Tarmizi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16987/1/SKRIPSI%20CANDRA%20TRI%20ATMAJA%20%28PGSD%20FKIP%20UNIB%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16987/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 03 Kota Bengkulu dalam bermain musik ansambel tiup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 15 orang siswa, dimana 10 orang diantaranya merupakan siswa yang memainkan alat musik rekorder dan 5 orang diantaranya merupakan siswa yang memainkan alat musik pianika.Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian di tampilkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian dari 15 orang siswa yang menjadi sampel menunjukan bahwa 13 diantaranya telah dapat membaca simbol-simbol pada notasi angka.Selain itu, untuk 10 orang siswa yang memainkan alat musik rekorder 9 orang diantaranya telah memiliki pemahaman dan kemampuan dalam memainkan alat musik rekorder, sedangkan dari 5 orang siswa yang memainkan alat musik pianika 4 diantaranya juga telah memiliki pemahaman dan kemampuan dalam memainkan alat musik pianika. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa dari 15 orang siswa, 4 orang diantaranya belum memiliki kemampuan dalam bermain ansambel karena keempat orang siswa tersebut dianggap belum dapat bertanggung jawab dan bekerjasama dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan siswa yang meliputi kemampuan membaca notasi,memainkan alat musik rekorder, memainkan alat musik pianika dan bermain musik ansambel telah terlihat dimiliki oleh siswa kelas V SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Kata kunci: Ansambel, Kemampuan Siswa, Notasi, Rekorder, Pianika.