PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU
Main Authors: | Karsin, Bernadeta Patrisia, Lukman, Lukman, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16986/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16986/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 48 dan SDN 03 Kota Bengkulu pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran role playing dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran role playing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest - posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu.Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Sampling. Sehingga diperoleh kelas V SDN 48 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, kelas V SDN 03 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol, dan kelas V SDN 25 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa: Kata Kunci :Kognitif, Afektif, Psikomotor, Model Role Playing.