STUDI DESKRIPTIF UPAYA GURU DALAM PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Lestari, Ayu, Sri, Ken Kustiati, Herman, Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16984/1/Skripsi%20Ayu%20Lestari%2C%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/16984/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam pemilihan dan pemanfaatan media sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik di SDN 01 Kota Bengkulu. Jenis, metode dan desain penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif naturalistik. Subjek penelitian guru kelas IIc dan IVa. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan,meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian telah berupaya untuk memilih media sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik sesuai dengan kriteria pemilihan media pembelajaran yaitu rancangan pembelajaran, ketersediaan alat pendukung, tingkat keterbacaan media,situasi dan kondisi kelas, serta memanfaatkan media sebagai sumber belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, isi materi pelajaran, strategi pembelajaran yang digunakan, dan karakteristik siswa yang belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru A dan guru D dalam upaya pemilihan dan pemanfaatan media sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik sudah sesuai dengan kriteria pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran. Kata Kunci: Upaya Guru, Pemilihan dan Pemanfaatan, Media sebagai Sumber Belajar.