STUDI DESKRIPTIF PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN MEMBACA SISWA SDN 25 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Agustiranda, Arolan, Rohiat, Rohiat, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16981/1/Skripsi%20Arolan%20Agustiranda.pdf http://repository.unib.ac.id/16981/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelayanan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan kebiasaan membaca siswa SDN 25 Kota Bengkulu. Subyek penelitian adalah pengelola perpustakaan dan siswa SDN 25 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data.Hasil analisis data menunjukan bahwa pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan kebiasaan membaca meliputi, (1) Layanan pengelolaan koleksi dengan jumlah koleksi 80.604 eksemplar. Melakukan pengadaan buku. Melakukan pengolahan dan perawatan koleksi buku. (2) Layanan tata ruang perpustakaan, yaitu menempatkan lokasi gedung yang strategis dengan luas ruangan 8x7 m atau 56 m 2. Ruangan yang nyaman warna, cahaya dan udara serta perabotan ditata rapi dan sesuai kriteria siswa SD. (3) Layanan Pengguna, yaitu memberikan pelayanan ramah. Membantu siswa kesulitan dalam mencari, meminjam, mengambil dan mengembalikan buku. Melakukan sosialisasi buku bukubaru dan pemberikan reward kepada siswa yang paling banyak membaca dan meminjam buku. Koleksi buku dan fasilitas perabotan sudah sesuai dengan pedoman Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Tahun 2011. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelayanan perpustakaan SDN 25 Kota Bengkulu dari segi layanan koleksi, layanan ruang dan layanan pengguna sudah efektif untuk meningkatkan kebiasaan membaca siswa pada perpustakaan hal ini di buktikan dari data tabel rutinitas membaca siswa meningkat tiap semester.Kata Kunci : Pelayanan Perpustakaan, Kebiasaan membaca, Sekolah Dasar