STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SDN 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: Arista, Anggi, Syahrial, Syahrial, Abdul, Muktadir
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16980/1/Skripsi%20Anggi%20Arista%2C%20pdf.pdf
http://repository.unib.ac.id/16980/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan karakter disiplin melalui upacara bendera di SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat naturalistik karena penelitian ini dilaksanakan pada kondisi yang alamiah.Subyek dalam penelitian ini guru SDN 74 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan wawancara. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan peran guru sebagai fasilatator, teladan dan motivator dalam menanamkan karakter disiplin melalui kegiatan upacara bendera, yakni peran guru sebagai fasilitator dalam menanamkan disiplin melalui kegiatan upacara bendera guru datang lebih awal ke sekolah untuk menyiapkan peralatan upacara, peran guru sebagai teladan dalam menanamkan karakter disiplin melalui kegiatan upacara bendera guru datang lebih awal kesekolah, guru menggunakan pakaian yang rapi, guru berperilaku sopan da santun, dan peran guru sebagai motivator dalam menanmkan karakter disiplin melalui upacara bendera guru memberikan semanagat kepada siswa yang menjadi petugas upacara,, guru mengawasi siswa dalam pelaksanaan upacara bendera. Dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator, teladan dan motivator dapat menanamkan karakter disiplin melalui upacara bendera. Kata Kunci: Peran Guru, upacara bendera, Karakter Disiplin.