HUBUNGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA DAN VB SD NEGERI GUGUS 12 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ramadan, Angga Gilang, Ansyori, Gunawan, V. Karjiati, V. Karjiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16979/1/SKRIPSI%20Angga%20Gilang%20Ramadan.pdf http://repository.unib.ac.id/16979/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VA dan VB SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 300 orang siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah 75 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi “Product Moment” dan uji signifikan “Uji Regresi Sederhana”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan r hitung yaitu 0,632 lebih besar dari r yaitu 0,227 dengan taraf signifikan 5%, f hitung yaitu 48,58 lebih besar dari f yaitu 1,62. Dengan demikian, hipotesis terbukti dan diterima. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar siswa kelas VA dan VB SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu.Kata kunci : Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajar, Matematika tabel tabel