STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVA SDN 22 KOTA BENGKULU

Main Authors: Dhone, Andriana Januaria, V. Karjiati, V. Karjiati, Pebrian, Tarmizi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16978/1/Skripsi%20Andriana.pdf
http://repository.unib.ac.id/16978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjutan dalam pembelajaran IPA di kelas IVA SDN 22 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, uji keabsahan data melalui meningkatkan ketekunan, memperpanjang pengamatan, triangulasi, dan member check.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru kelas IVA telahmampu menerapkan keterampilan bertanya dalampembelajaran IPA dengan optimal.Kata Kunci: Keterampilan Bertanya, Pembelajaran IPA