PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KOTA BENGKULU

Main Authors: Lestari, Amanda Riti, Ansyori, Gunawan, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16977/1/SKRIPSI%20AMANDA%20RITI%20L.pdf
http://repository.unib.ac.id/16977/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain‘matching only pretest posttest control group design’. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistif deskriptif danteknik analisis data inferensial. Untuk melihat hasil penelitian digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji F untuk menguji homogentias, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran onvensional. Dibuktikan dengan nilai t sebesar 9,81 dengan nilai t sebesar 2,01 pada taraf signifikan 5% dengan nilai ratarata kelas eksperimen sebesar 84,5 dan rata-rata kelas kelas kontrol sebesar 65,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Matematika mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kota Bengkulu. tabel Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Kognitif siswa. hitung