HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 01 KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Main Authors: Sanjaya, Agus Dwi, Daimun, Hambali, Ansyori, Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16974/1/SKRIPSI%20AGUS%20DWI%20SANJAYA.pdf
http://repository.unib.ac.id/16974/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Karang Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes dan dokumentasi. Lembar tes terdiri dari 10 item soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa,dokumentasi yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa kelas V SDN 01 KarangTinggi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia r tabel 0,468. Ilmu Pengetahuan Sosial rhitung 0,525 > r0,468 dan Pendidikan Kewarganegaraan r hitung 0,669 > r tabeltabel0,468. Dengan demikian diketahui bahwa r lebihbesar daripada r. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yaitu Ha dimana terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar siswakelas V SDN 01 Karang Tinggi.Dengan demikian hipotesis yang dinyatakan terbukti atau diterima. tabel Kata kunci: Membaca, Hasil Belajar Bahasa Indonesia hitung 0,572 > r hitung