STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Herdianti, Ade, V. Karjiati, V. Karjiati, Ansyori, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16973/1/skripsi%20ade%20herdianti%2C%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/16973/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menggunakan media manipulatif pada pembelajaran Matematika di kelas IV A SDN 52 Kota Bengkulu.” Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan desain naturalistik. Subjek penelitian guru kelas IVa. Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitiaannya menunjukkan guru telah menyesuaikan media dengan, (1) tujuan pembelajaran dengan cara menyajikan data dalam bentuk real dan dapat memperjelas konsep matematikannya, (2) menarik minat siswa melalui penggunaan media dengan cara membuat bentuk dan warna media yang menarik, (3) menyesuaikan media dengan metode dan pendekatan pembelajaran dengan cara membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, (4) memberikan penjelasan konsep dengan cara tidak mempersulit siswa dalam memahami konsep matematika, (5) melatih siswa dalam pemecahan masalah dengan cara media yang digunakan mudah dikelola oleh siswa, dan sesuai dengan konsep pada matematika, (6) melatih siswa dalam belajar menemukan suatu ide- ide baru dan relasinya dengan konsep- konsep yang telah diketahuinya dengan cara media disajikan dalam bentuk real, sesuai dengan konsep pada matematika, tidak rumit dan dapat memperje las konsep matematikanya. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Menggunakan Media Manipulatif, Pembelajaran Matematika